2 Jenis Layanan Ekspedisi yang Umum Digunakan

Apabila ingin mengirimkan suatu barang ke tempat tujuan dengan mudah, pastinya dibutuhkan layanan ekspedisi, baik via darat, laut, maupun udara sekalipun. Layanan ekspedisi bisa membantu urusan kita dalam pengiriman barang tanpa harus repot mengantarkannya secara mandiri. Tergantung pada kita mencari jasa ekspedisi murah dan terpercaya. Hal tersebut untuk memangkas biaya transportasi dan memastikan barang bisa sampai dengan selamat sampai tujuan pada waktu yang telah ditetapkan.

Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, jasa ekspedisi tak hanya memberikan tarif yang terjangkau dan solusi pengiriman saja, tetapi juga memberikan layanan demi kepraktisan pelanggan. Apa sajakah 2 jenis layanan ekspedisi tersebut dan apa saja kelebihannya? Simak penjelasan berikut ini.

Layanan Ekspedisi yang Umum Digunakan

1. Port to Port

Layanan Port to Port merupakan layanan yang diberikan jasa ekspedisi untuk mengirim barang hanya sampai di kantor atau gudang jasa ekspedisi yang terdekat di tempat tujuan. Sebelum barang dikirim, barang juga harus diantar terlebih dahulu ke gudang atau kantor jasa ekspedisi tersebut.

Untuk bisa memilih layanan port to port, harus berkoordinasi dengan penerima barang di tempat tujuan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar penerima barang bisa mengambil barang tersebut ke gudang jasa ekspedisi. Apabila melalui jalur darat, berarti bisa diambil ke kantor jasa ekspedisi. Namun, apabila melalui jalur laut dan udara biasanya harus diambil di pelabuhan atau bandara terdekat dengan membawa dokumen-dokumen untuk mengambil barang tersebut.

Layanan port to port memberikan keuntungan yaitu tarif ekpedisi murah, namun perlu dilakukan sedikit usaha untuk mengantar dan mengambil barang ke port tujuan.

2. Door to Door

Layanan door to door adalah salah satu layanan yang cukup digemari saat ini. Layanan ini adalah layanan yang sama dengan pengiriman paket yang biasa dibeli melalui lewat marketplace, yaitu langsung diantarkan ke penerima barang di alamat yang tertera.

Pengirim barang tidak perlu repot-repot mengantarkan ke gudang atau kantor ekspedisi, melainkan kurir atau pihak ekspedisi akan menjemput barang ke rumah si pengirim. Hal ini tentu sangat memudahkan apabila pengirim barang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengantarkan barang.

Setelah barang sampai di tujuan, kurir akan langsung mengantarkan ke penerima yang dituju dan mengonfirmasi ke pengirim apabila barang sudah diterima. Sangat mudah, bukan?

Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan layanan door to door yakni, penerima dan pengirim tidak perlu repot-repot mengambil dan mengantarkan barang. Penerima dan pengirim hanya tinggal diam di rumah menunggu barang sampai. Proses pengiriman juga akan lebih cepat karena barang langsung dikirim ke penerima. Hanya saja, layanan door to door sedikit lebih mahal dibandingkan dengan layanan port to port. Namun, ini sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

Dalam memilih jasa ekspedisi, pilihlah yang memberikan layanan maksimal dan memberikan kepuasaan bagi kalian. Bagi yang ingin melakukan pengiriman, cargonesia merupakan jasa ekspedisi yang bisa terpercaya dan bisa diandalkan. Sebelum melakukan pengiriman barang, kalian bisa memeriksa tarif pengiriman terlebih dahulu, melalui skema simulasi yang terdapat di website. Sehingga, akan didapatkan jasa ekspedisi yang murah dan terjangkau.

Jangan lupa, untuk menentukan jenis layanan yang dipilih, apakah door to door atau port to port. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan kalian sebagai pengirim maupun penerima. Saling berkoordinasi merupakan kunci utama. Terus pangtau posisi barang saat dilakukan pengiriman agar bisa mengestimasi waktu dengan tepat.