Kartu Nama, Sepele Tapi Membawa Dampak Besar Untuk Bisnis Pemula

Kartu nama mungkin hanya terlihat seperti sebuah kertas yang berisi data diri, makanya tidak sedikit yang meremehkan keberadaannya, menganggap sebagai hal yang “sepele”. Apalagi di era serba digital ini, keberadaan kartu nama seperti akan musnah karena bertukar kontak informasi dengan calon rekan bisnis bisa dilakukan secara langsung melalui internet.

Padahal, sebagai pebisnis pemula, memiliki kartu nama ini sangat dianjurkan karena berbagai manfaat yang ditawarkan. Bahkan pebisnis sukse pun juga masih menggunakna kartu nama. Apa aja sih untungnya memiliki kartu nama?

  • Memberikan kontak informasi yang lebih detail

Normalnya, ketika bertemu calon klien atau rekan bisnis, kita hanya bertukar nomor kontak, dan menanyakan informasi diri lain ketika dibutuhkan. Padahal dengan kartu nama, kamu bisa membagikan informasi seperti, nama dan alamat perusahaan, alamat email, nomor telepon perusahaan, username sosial media produkmu, dll. Hal menarik lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi dengan menaruh barcode di kartu nama.

  • Memberikan kesan pertama yang baik

Memiliki dan memberikan kartu nama, dianggap sebagai sebuah profesionalitas, memperlihatkan bahwa kamu memperhatikan suatu hal sampai detail. Tak hanya itu, agar memberikan kesan yang lebih baik, kamu bisa menunjukkannya melalui pemilihan desain dan warna yang sesuai dengan karakter atau produkmu. Selain mempertimbangkan warna, pertimbangkan juga logo dan font yang digunakan.

  • Menjadi fungsi marketing untuk diri sendiri

Ketika berbisnis, kamu pasti akan mengalami bertemu calon klien atau rekan bisnis di waktu yang sangat singkat untuk sekadar mengobrol dan bertukar kontak. Nah, momen ini bisa kamu gunakan untuk bertukar kartu nama. Karena hal kecil ini dapat meningkatkan brand awareness dan produkmu lebih mudah untuk diingat.

  • Meningkatkan rasa kepercayaan pada calon klien

Persaingan di dunia bisnis semakun sulit, maka dari itu kamu harus mencoba banyak cara agar bisa menunjukkan bahwa  kamu bisa bersaing dan melakukan yang terbaik walau hanya dalam hal yang sederhana. Kartu nama, dapat memperlihatkan sisi lainmu sebagai  seseorang yang memiliki tekad kuat di mata calon klien. Selain itu, membagikan informasi yang ada pada kartu pun menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bias dipercaya karena memberikan informasi detail dan transparan kepada calon klien.