Langkah Instalasi Payment Gateway pada Website E-Commerce Berbasis WordPress

Kemunculan berbagai e-commerce saat ini membuat para pebisnis beramai-ramai untuk mengubah bisnis yang awalnya offline menjadi online, khususnya bagi produsen produk manufaktur dan jasa. Kelebihan yang ditawarkan dengan adanya e-commerce ini utamanya yaitu semakin menjaring banyak customer dan meningkatkan omset penjualan. Memang benar, jangkauan pasar semakin luas dengan adanya e-commerce atau marketplace ini.

Untuk membangun e-commerce bagi para pemilik bisnis UMKM cukup hanya dengan menggunakan website saja. Mengapa hanya menggunakan website? Karena website mudah dijangkau dan tidak perlu aplikasi bagi pelanggan. Juga biaya pembuatan website lebih murah dibandingkan dengan aplikasi.

Nah, untuk membuat website e-commerce, kurang lengkap jika tanpa menggunakan payment gateway sekaligus payment aggregator. Payment gateway memudahkan pembeli agar langsung checkout di website tersebut. Adapun untuk menginstall atau memasang payment gateway harus dilakukan dengan hati-hati karena menyangkut dana penjualan yang masuk. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi payment gateway untuk website e-commerce berbasis WordPress.

Mengapa harus menggunakan WordPress? WordPress merupakan CMS (Control Management System) yang mudah digunakan, sekalipun untuk pemula. WordPress telah digunakan oleh banyak pihak, termasuk perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia. WordPress memiliki tampilan yang mudah dikonfigurasi dan memiliki banyak tema dan plugin.

Langkah Umum Pengaturan Instalasi Payment Gateway di Website WordPress

1. Pastikan Website Telah Published

Langkah yang pertama yaitu membuat website published, maksudnya adalah website bisa diakses oleh orang lain. Caranya yaitu memilih nama domain dan hosting terlebih dahulu dan bangun website bisnis kalian di WordPress, buatlah tampilan yang menarik dan membuat pelanggan percaya pada bisnis kalian.

2. Pilih Payment Gateway yang Terbaik bagi Website Kalian

Pilihlah Payment Service Provider atau penyedia layanan pembayaran yang menyediakan payment gateway terpercaya seperti durianpay.id. Alasan menggunakan durianpay.id adalah merupakan penyedia payment gateway yang telah dipercaya oleh berbagai partner di Indonesia. Pilihan pembayaran bagi customer juga sangat beragam, mulai dari Shopeepay, OVO, Dana, LinkAja, BRI, BNI, BCA, Mandiri, Permatabank, Visa, MasterCard, JCB, dan American Express. Durinpay.id juga support terhadap berbagai plugin seperti WooCommerce, Shopify, dan Magento. Ini akan memudahkan kalian untuk menginstalasi payment gateway ini.

3. Siapkan Plugin yang Dibutuhkan untuk Menginstalasi

Setelah itu, lakukan instalasi plugin yang bisa digunakan untuk payment gateway durianpay.id. Baik WooCommerce, Shopify, maupun Magento.

Untuk bisa menggunakan payment gateway durianpay.id caranya ada 3, yaitu:

  • Masuk ke website durianpay.id, Lalu Sign In

Akses durianpay.id dan lakukan sign in atau daftar untuk mendapatkan akun kalian.

  • Log In ke Akun yang Telah Terdaftar

Pergi ke dashboard Durianpay, pilih menu Setting. Kemudian generate sandbox mode untuk mendapatkan API Keys. Gunakan API Keys tersebut untuk memulai simulasi mengintegrasikan Durianpay dengan API Keys.

  • Lihat Simulasi dengan Saksama

Perhatikan proses transaksi dengan teliti, mulai dari menerima order, penerimaan dana, hingga pengembalian dana. Simulasi akan menghindarkan kalian melakukan kesalahan dalam proses instalasi ke WordPress.

  • Payment Gateway Siap Digunakan

Setelah paham cara penggunaannya, kalian bisa langsung beralih ke website untuk mengintegrasikannya dengan produk yang kalian jual.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara instalasi payment gateway di WordPress. Cukup mudah, bukan? Pastikan kalian menggunakan payment gateway yang benar-benar aman seperti Durianpay. Selain aman, kalian juga akan mendapatkan fitur-fitur untuk melihat progress penjualan kalian melalui website e-commerce secara praktis.