Macam-Macam Alat Ukur Populer Yang Harus Anda Kenali

Alat ukur menjadi benda penting yang menunjang aktivitas harian manusia. Macam-macam alat ukur juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, alat ukur untuk mengukur suhu, panjang, berat dan sebagainya sangatlah berbeda. Satuan alat ukur juga berbeda. Bagi yang ingin tahu lebih dalam, berikut macam alat ukur beserta fungsinya :

  1. Meteran

Meteran dikenal sebagai alat untuk mengukur panjang suatu benda. Material yang digunakan alat ini berbahan lentur sehingga dapat digulung ketika sudah selesai digunakan.

Biasanya alat ukur ini terbuat dari seng, benang maupun kain. Ukuran panjang meteran juga beragam. Ada meteran yang panjangnya 5 meter, ada juga yang sampai 20 meter.

  1. Penggaris mistar

Selain meteran, kamu bisa mengukur panjang benda dengan menggunakan penggaris mistar. Alat ini sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Para pelajar juga sering menggunakan alat ukur ini.

Berbeda dengan meteran, penggaris mistar memiliki panjang yang lebih pendek. Di mana panjang penggaris mistar hanya 30 cm sampai 1 meter.

  1. Jangka Sorong

Jangka sorong juga termasuk alat ukur panjang yang sering kita temui. Alat ukur ini memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi karena bisa mengukur benda hingga 0,01 mm.

Alat ukur ini bisa digunakan untuk mengukur kedalaman lubang, bagian dalam dan luar diameter hingga panjang lebar material. Alat ini sering digunakan di dunia otomotif dan konstruksi bangunan.

  1. Dial Gauge Indikator

Alat ukur ini memiliki jarum ukur yang dilengkapi batang penyangga, baut penjepit, penjepit dan blok alas magnet. Dial gauge indicator memiliki dua skala utama yang sering digunakan.

Skala pertama adalah skala besar dengan 100 strip. Setiap strip bernilai 0,01 mm. Jadi, saat jarum pengukur berputar sekali penuh maka hasil pengukurannya adalah 1 mm.

Skala kecil merupakan penghitungan skala panjang setiap skala besar di dalamnya. Misalnya, hasil ukur adalah 6 strip besar dan 3 strip kecil, maka dibaca 3,06 mm.

  1. Mikrometer sekrup

Alat yang juga disebut ulir ini mempunyai presisi tinggi dan akurasi tinggi. Dimana mikrometer dapat mengukur benda dengan tingkat ketelitian tinggi hingga 0,01 mm.

Mikrometer sering digunakan di bidang elektro dan teknik mesin karena tingkat keakurasiannya yang sangat tinggi.

Cocok untuk mengukur material kecil seperti sekrup, lempengan baja, rambut, kawat dan sebagainya.

  1. Height Gauge

Merupakan alat ukur yang fungsinya untuk mengukur tinggi benda terhadap acuan. Atau juga digunakan untuk menggoreskan tanda berulang kepada benda kerja acuan permesinan.

Alat ukur ini memiliki dua kolom berulir. Yang mana kepala pengukur bergerak turun naik karena putaran ulir kasar dan halus yang digerakkan pengukur.

Macam-macam alat ukur ada banyak dengan fungsi dan satuan yang berbeda. Enam alat ukur di atas hanya contoh karena masih banyak jenis alat ukur lainnya.