Pengertian Kesenian Dalam Dunia Seni Dan Estetika Kehidupan Manusia

Banyak yang bilang kalau hidup kita akan hampa tanpa seni. Akan tetapi di dunia ini masih banyak orang yang meremehkan perihal seni. Padahal, apa yang terjadi dan kita lalui selalu ada keterkaitan dengan seni.

Menjahit baju adalah seni. Merakit taplak meja adalah seni. Membuat teh adalah seni. Bersolek adalah seni. Musik yang kita dendangkan serta kita dengarkan adalah seni. Tayangan televisi juga terkategori sebagai suatu seni. Dan hampir semua elemen yang kita lakukan ada kaitannya dengan seni. Lantas masihkah seni diremehkan padahal seni sangat dibutuhkan?

Agar kita tak lagi memandang seni dengan hanya sebelah mata, mari kita mengenal kesenian dalam dunia seni dan estetika kehidupan. Langsung kita cek informasinya di bawah ini sahabat.

Pengertian Kesenian Dalam Dunia Seni Dan Estetika Kehidupan

Kesenian disebut juga sebagai sebuah sarana yang dapat dijadikan media untuk mengekspresikan keindahan yang berasal dari jiwa manusia. Kesenian juga dapat digunakan untuk melanggengkan norma dan adat istiadat suatu masyarakat agar tidak lekang dimakan zaman.

Karena itu tak heran selain merujuk pada sisi estetika, kesenian juga menjadi simbol atas budaya suatu tempat. Seperti halnya berbicara mengenai Tari Kecak yang erat kaitannya dengan unsur budaya Bali. Tarian yang diiringi dengan riasan dan busana ini juga menunjukkan identitas budaya yang syarat akan makna. Kesenian juga tidak lagi berbicara tentang pola komunikasi secara lisan atau sebaliknya tetapi mencakup tentang segala hal yang berkaitan erat dengannya.

Seni memang dimiliki semua orang hanya saja tak banyak orang yang merasakannya. Bisa saja Anda pernah melakukan kesenian tetapi Anda tidak merasa. Karena pada hakikatnya seni berbicara tentang rasa. Seperti kajian dari ilmu Eropa yang mengartikan bahwa seni adalah barang atau karya dari suatu kegiatan. Membuat suatu barang juga bisa bernilai seni sebab apa saja yang kita buat tentu harus memiliki nilai keindahan agar konsumen bisa suka dengan kreatifitas yang kita tunjukkan.

Tentu kalau bicara tentang kesenian secara luas, tidak mencakup hanya terbatas pada musik dan tari saja. Akan tetapi kemampuan berpikir manusia dan pembuatan barang terapan di rumah juga adalah seni. Menurut seniman, kesenian merupakan suatu hasil dari unsur budaya manusia. Budaya manusia tersebut tidak lain adalah soal rasa yang meliputi.

Jika memang Anda berniat melongok ke belakang, Anda tentu akan melihat seberapa jauh perkembangan seni yang ada di Indonesia. Dan sebagai negara yang telah dikenal dengan warisan budayanya, tentu Indonesia memiliki berbagai macam kisah budaya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Di tengah kemajuan semacam ini, kesenian tradisional dan modern tentu berbeda. Jika kesenian tradisional dipengaruhi kekuatan di sekitarnya, akan tetapi kesenian modern dibuat sebagai wujud kepuasan pribadinya. Kesenian di masa lampau identik dengan ciri magis. Akan tetapi kesenian di masa sekarang tidak demikian. Hal tersebut juga didasarkan atas adanya suatu kepercayaan magis sebagai wujud kebudayaan manusia seperti memuja alam. Lain halnya dengan kesenian yang saat ini jauh lebih berkembang dengan kreasi dan berbagai inovasi teknologi yang turut melingkupinya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang pengertian kesenian dalam dunia seni dan estetika kehidupan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.