UMKM Dituntut Manfaat Kemajuan Digital Untuk Kembangkan Usaha

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memang dianggap sebagai penopang perekonomian nasional. Pasalnya, bidang UMKM memberi support yang begitu besar pada perekonomian Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan System Pembayaran Bank Indonesia (BI) Enny V Panggabean menerangkan, UMKM dapat meningkatkan bisnisnya dengan cepat jika memakai kanal pemasaran digital, semisal lewat e-commerce.

Bahkan, dengan e-commerce, UMKM dapat merambah pemasaran sampai ke luar negeri. ” Dengan usaha off line memangsangatlah terbatas. Mereka cuma dapat pasarkan di perumahan, ke tetangga. Begitu masuk ke on-line, pasarnya segera berubah, ” kata Enny di Jakarta,seperti yang di lansir laman kompas Jumat (16/12/2016).

Enny mengungkapkan, data menunjukkan pemasaran UMKM ke tingkat rumah tangga seperti perumahan yang saat ini cuma meraih 26 % dari yang sebelumnya cuma 45 %. Menurut Enny, kini makin banyak UMKM yang memakai kanal digital serta berhasil merambah pasar mancanegara.

” Dengan system on-line, langsung ada market ke ASEAN. Artinya dapat segera memperoleh captive market di ASEAN. Mereka dapat akses baru diluar negeri, ” ungkap Enny.

Menurut Enny, dengan pemakaian akses digital, maka UMKM peroleh akses ke pelanggan baru sampai meraih 50 %.

Akan tetapi, sampai saat ini masih belum banyak UMKM yang belum memakai kanal itu untuk pasarkan product.

Enny menjelaskan, UMKM yang mempunyai tingkat pengetahuan digital menengah baru meraih 18 % serta tingkat maju meraih 9 %. Oleh karenanya, kata dia, UMKM harus di dukung untuk masuk ke system pengadopsian tehnologi.